JAKARTA – Direktorat Jenderal Imigrasi tengah menganalisa sidik jari untuk membuktikan apakah paspor atas nama Sony Laksono adalah terdakwa mafia pajak Gayus Tambunan.

Pasalnya, dalam foto paspor tersebut mirip dengan Gayus yang mengenakan wig dan kacamata saat kepergok pelesiran di Bali.

“Nama Sony di daftar penumpang yang ke Makau itu memang ada, tapi belum bisa dipastikan di daftar itu Sony atau Gayus,” kata Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Imigrasi MJ Baringbing di Jakarta, Rabu (5/1/2011).

Kerena itu, kata dia, akan dilakukan pemindaian sidik jari untuk membuktikannya. “Ini yang akan dilalui tim untuk membandingkan sidik jari, apakah cocok dengan Gayus dan nanti akan disampaikan kepada irjen dan ke mentri,” papar Baringbing.

Berapa lama? “Data-data sudah disampaikan kepada tim dan itu mau dilakukan kami tinggal harapkan kesimpulannya. Kami harapkan tim bisa menjelaskan fakta sebenarnya, sehingga tidak ada opini yang menyesatkan dan nanti akan dilaporkan hasilnya,” jelas dia.

Ditanya asal paspor dari Keimigrasian Jakarta Timur, Baringbing mengaku belum bisa memastikannya. “Belum bisa dipastikan. Dari hasil scan paspor Sony, menurut itu adalah dari Jaktim. Tapi apa itu asli atau tidak, nanti yang akan menganalisis,” paparnya.

Apakah ada kemungkinan pemalsuan nomor seri? “Saya sudah 30 tahun di imigrasi, dari paspor luar negeri ada nomor seri yang dipalsukan, tidak menutup kemungkinan di Indonesia juga begitu,” ungkapnya.(ram)

http://news.okezone.com/read/2011/01/05/339/410774/pindai-sidik-jari-cocokan-sony-dengan-gayus